Kaki pecah-pecah adalah hal paling umum yang dialami oleh banyak orang. Penyebabnya sendiri pun beragam, bisa disebabkan oleh keringat, terlalu sering mandi air panas, sendal atau sepatu yang nggak sesuai, atau bisa juga karena keturunan dari keluarga. Selain karena penampilannya yang menjadi kurang nyaman dipandang, rasa perih dan nggak nyamanpun juga ikut mengganggu kita.

Sulit nggak sih mengobati kaki pecah-pecah? Jawabannya adalah nggak kok! Sudah mudah, murah juga lho Bela. Kamu nggak perlu memberi krim pelembab atau salep lain yang harganya bisa mencapai ratusan ribu, cukup dengan bahan-bahan alami yang sering kamu jumpai di rumah, itu dapat membantu mengatasi kaki pecah-pecah. Kira-kira apa saja ya bahan-bahan alami tersebut. Yuk intip beberapa poin di bawah ini.

1. Garam

Bahan dapur serbaguna yang satu ini bisa melembutkan kaki yang pecah-pecah. Caranya adalah dengan melarutkan garam kurang lebih setengah cangkir ke dalam air hangat pada baskom. Ketika sudah tercampur rata, rendam kaki kamu selama 10 menit. Selagi direndam kamu bisa sambilan menggosok pelan tumit kakimu.

2. Alpukat

Buah alpukat mengandung banyak vitamin dan mineral yang berbeda hingga dapat memberi kelembapan pada kulit yang pecah-pecah, iritasi, kering, dan kasar. Cara mengolahnya adalah haluskan daging buah alpukat dan oleskan secara merata pada bagian kaki pecah-pecah sambil dipijat dengan lembut. Diamkan selama lima menit dan bilas kaki dengar air hingga bersih. 

3. Madu

 

Kalau yang satu ini sudah nggak perlu diragukan khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan luar dan dalam. Salah satu khasiatnya yaitu dalam melembapkan kaki yang kasar atau pecah-pecah. Caranya cukup oleskan madu secukupnya dan diamkan beberapa menit. Selain melembapkan kaki, madu juga bisa melembapkan daerah tubuh lain seperti bibir pecah-pecah contohnya. 

4. Air Putih

Perlahan tapi pasti, penanganan dari dalam tubuh juga penting lho, Bela. Rutinlah minum air putih yang seperti disarankan oleh ahli yaitu 8 gelap perhari. Jika kebutuhan mineral dalam tubuh terpenuhi maka luar tubuh kita akan lembap secara perlahan.

5. Tepung Beras

Sekali lagi bahan dapur menjadi solusi kaki pecah-pecah nih. tekstur tepung beras yang agak bergerinjil dapat mengelupas dan membersihkan bagian tumit kaki yang kasar dan pecah-pecah. 

Dalam menanganinya kamu bisa membuat menjadi pasta yaitu dengan cara mencamput 3 sendok tepung beras dengan 5 tetes madu dan cuka apel secukupnya, aduk hingga merata menjadi pasta dan oleskan pada bagian tumit kakimu.

6. Minyak Zaitun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengoleskan minyak pada bagian kaki pecah-pecah dapat membantu melembapkannya. Sebenarnya nggak hanya minyak zaitun, minyak sayur juga bisa menjadi


Nah itu lah beberapa bahan alami yang bisa membantu melembapkan kaki kering atau pecah-pecah. Untuk hasil yang maksimal, cobalah rutin seminggu
 sekali atau dua kali dalam menjalankan perawatan ini. solusi lainnya. Minyak tersebut akan terserap ke kulit hingga membantu melembapkan dari dalam tubuh juga.

Penulis: Dinda Ramadhanty/Popbela.com

Whatsapp Kami Disini